Ramadhan Adalah Bulan Qur'an

Pahala membaca quran, Qur'an dan al-Qur'an.
Ramadhan merupakan bulan yang di dalamnya diturunkan permulaan Al-Quran. Sebagaimana firman Allah:
شهر رمضان الذي انزل فيه القرأن هدى للناس وبينت من الهدى والفرقان
Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan adalah) bulan ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).

Bulan ramadhan disebut bulan Qur'an karena di dalamnya diisi oleh manusia untuk memperbanyak membaca Qur'an, guna meraih sebanyak-banyaknya pahala.

Dalam masyarakat Indonesia kebiasaan membaca Qur'an sudah terbiasa dilakukan setiap hari oleh kaum muslimin, baik seusai shalat magrib maupun susudah shalat subuh. Terlebih ketika memasuki bulan ramadhan, membaca al-Qur'an terdengar dimana-mana melalui pengeras suara, hal ini dilakukan setelah selesai menjalankan shalat terawih. Kebayang kan...?

Allah memberikan pahala bagi siapa saja yang mau membaca Qur'an, sebagaimana dalam hadits:
من قرأ حرفا من كتاب الله فله به حسنة والحسنة بعشر أمثالها لااقول الم حرف ولكن الف حرف ولام حرف وميم حرف
Artinya: Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah (al-Qur'an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Tidaklah membaca "Alif lam mim" itu disebut satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. (HR. Tirmidzi No. 2835).

Logika berbicara, jika membaca saja sepuluh kali lipatnya, bagaimana yang menerjemah, menafsirkan, memahami, yang akhirnya Qur'an pun tidak hanya dibaca tapi diamalkan dalam kehidupan nyata.

Jadi luar biasa, apabila sudah mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka pahala dan kebaikan membaca al-Qur'an itu pun tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri melainkan bermanfaat bagi orang lain. Dengan mengamalkan alq-Qur'an yang benar, maka kehidupan ini akan seimbang.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ramadhan Adalah Bulan Qur'an"

Post a Comment

Komentar yang sopan, berikan solusi terbaik anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel