Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Tegal Kaderisasi Anak Asuh Dengan Tahfidz Qur'an

Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Tegal Kaderisasi Anak Asuh Dengan Tahfidz Qur'an
Panti asuhan disebut LKSA (lembaga kesejahteraan sosial anak) memiliki pengertian bahwa lembaga sosial nirlaba yang menampung, mendidik, dan memelihara anak-anak yatim, yatim piatu dan anak terlantar, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.

Dalam Muhammadiyah panti asuhan merupakan amal usaha yang merealisasikan kepedulian terhadap anak-anak yatim, memberikan pelayanan pendidikan dan kesehatan mereka.
Sungguh surat al-Baqarah: 220 menjadi semangat kami dalam membina dan mengasuh mereka.

ويسئلونك عن اليتمى، قل اصلاح لهم خير، وإن تخالطوهم فإخوانكم
Artinya: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah, "memperbaiki mereka adalah baik!" Dan jika kamu mempergauli mereka, maka mereka adalah saudara-saudaramu.

Kami perbaiki masa depan mereka dengan pendidikan, mulai dari sekolah menengah pertama sampai sekolah menengah atas atau kejuruan. Dan kami khususkan kepada mereka untuk menjadi kader-kader dalam persyarikatan Muhammadiyah.

Selain pendidikan formal, anak asuh menempati asrama yang sehari-harinya dihabiskan untuk menempa diri dengan ilmu agama.

Menjelang magrib, mereka diberi pengetahuan tentang Himpunan Putusan Tarjih, sehabis magrib dan shalat subuh digunakan untuk muroja'ah Qur'an, murotal, tahsin, dan tahfidz. Untuk Malam jum'at dilaksanakan khitobah. Dan sehari-harinya mereka praktek imamah. Sedangkan malam minggu agendanya setor hafalan Qur'an.

Kami memiliki unggulan dalam bidang tahfidz Qur'an, Alhamdulillah lulusan angkatan tahun 2017/2008 mengalami progres dari tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya rata-rata hafidz Juz Amma, untuk tahun ini rata-rata hafidz 2 Juz (30, 29). Bahkan ada yang sampai 5 juz, saya pikir ini prestasi, ucap Judin selaku pengasuh dan pendamping mereka sehari-harinya.

Begitupun kepala panti H. Nurcholis Mustofa, M.Si mengapresiasi kerja keras anak-anak selama pendidikan 3 sampai 6 tahun. Walaupun makanan yang diberikan kami sama, tapi hasilnya berbeda, tambahnya.

Adapun untuk pelayanan kesehatan, kami kerja sama dengan klinik pratama Aisyiyah, jika anak sakit kami rujuk ke klinik tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Tegal Kaderisasi Anak Asuh Dengan Tahfidz Qur'an"

Post a Comment

Komentar yang sopan, berikan solusi terbaik anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel