Berdzikir Menggunakan Jari-jari Tangan

Berdzikir Menggunakan Jari-jari Tangan
Assalamu 'Alaikum
Sahabat budiman yang dicintai oleh Allah,
Berdzikir merupakan sarana mengingat Allah dengan menyebut-nyebut namanya, atau secara bahasa dzikir itu ingat. Dzikir yang dimaksud ketika melihat ciptaan-Nya, akan ingat diri-Nya. Tidak hanya itu, sarana mengingat dan mengagungkan-Nya biasanya dilaksanakan selepas shalat juga, bahkan mau tidur, dan lain-lain. Ayatnya ada di bawah ini.

Surat al-Ahzab ayat 41-42 sebagai perintah untuk berdzikir:
يا ايّها الّذين اٰمنوا اذكروا اللّٰهَ ذكرًا كثيرًا، وسبّحوه بُكرة وأصيلا
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepadanya di waktu pagi dan petang.

Atau yang populer:
 فاذكروني أذكركم واشكروا لي ولا تكفرون
Artinya: maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku (al-Baqarah:152).

Atau ayat:
الذين يذكرون اللّه قيما وقعودا وعلى جنوبهم ويتفكّرون فى خلق السمٰوات والأرض ربّنا ماخلقت هٰذا بطلا سبحٰنك فقنا عذاب النّار
Artinya: (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi, (seraya berkata): Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka (QS. Ali-Imran: 191).

Ketiga ayat al-Quran di atas kiranya cukup sebagai alasan pentingnya berdzikir.

Saya akan fokus tentang berdzikir setelah shalat, seperti membaca: subhaanallah, alhamdulillah, Allahuakbar, laailaahaillallah, dan yang lainnya.

Nah...bagaimana cara berdzikir (bertasbih) dengan jari tangan setelah shalat?

Untuk berzikir umumnya dihitung menggunakan tasbe (bahasa sunda)/ tasbih (bahasa Indonesia), lalu seiring dengan berkembangnya zaman, ada yang menggunakan versi digital, silahkan cari di bukalapak.com ada. Tapi ada juga yang tidak menggunakan alat bantu, melainkan memakai jari tangan, sebagaimana kebiasaan Rasulullah saw.

Dasarnya:
رأيت النّبيّ يقْعِد التّسبيح بيمينه
Artinya: saya melihat Rasulullah bertasbih dengan (jari-jari) tangan kanannya. (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi dalam shahihul jami' 

Bagaimana caranya?
Pertama, Ketahuilah bahwa setiap ruas jari anda ada tiga, total 30 untuk 10 jari, tambah 3 ya...jadi 33x. Ini menyesuaikan dzikir harian yang biasanya jumlahnya 33x
Kedua, sentuh setiap ruas jari anda satu per satu.
Ketiga, lalukan berkali-kali dengan khusu'.

Mungkin itu yang bisa saya bagikan, ada kekurangan, mungkin anda sebagai pembaca bisa menambahkan.

Wassalamu 'Alaikum

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berdzikir Menggunakan Jari-jari Tangan"

Post a Comment

Komentar yang sopan, berikan solusi terbaik anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel