Teks Pidato tentang “Manfaat Internet Bagi Generasi Muda”

manfaat internet untuk generasi muda
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak/Ibu……………………………………………
Yang kami hormati Bapak/Ibu……………………………………………….
Serta teman-teman yang kami sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita masih dapat menikmati anugrah terindah-Nya di muka bumi ini. 

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang seperti yang kita rasakan saat ini.

Bapak/Ibu…………….yang kami hormati serta teman-teman yang berbahagia

Pada kesempatan yang baik ini kami akan berbagi ilmu dalam pidato kami yang berjudul “Manfaat Internet Bagi Generasi Muda”.

Bapak/Ibu…………. serta teman-teman yang berbahagia

Sudah kita ketahui bersama bahwa Internet adalah layanan jaringan dari komputer yang sifatnya menjangkau internasional dan menggunakan sebuah perangkat jaringan agar bisa terkoneksi ke internet. Artinya, internet merupakan jaringan yang mampu mengunggah hingga milyaran data atau informasi di dunia yang mempunyai segudang manfaat, khususnya untuk pendidikan.

Pada intinya internet ini memudahkan kita untuk menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari secara nyata. melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi jarak jauh dan juga mencari informasi yang sangat kita butuhkan. Dalam dunia pendidikan internet dapat membantu siswa untuk mengakses berbagai informasi dan ilmu pengetahuan serta sharing riset antarsiswa terutama dengan mereka yang berjauhan tempat tinggalnya.

Internet, tentunya tidak asing lagi di telinga setiap kita, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan gemerlap mewahnya dunia yang berteknologi canggih dan serba praktis. Dengan hanya bermodalkan Handphone yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya. Atau jika tidak, di setiap sudut kota pasti terdapat sebuah warung internet atau biasa disebut “warnet”. Ia nggak?

Pada zaman sekarang, internet bahkan bukan lagi menjadi suatu keperluan sekunder, namun sudah menjadi keperluan primer bagi manusia. Namun, jika semua orang sudah mahir dalam menggunakan internet, maka ia pun akan menghasilkan ribuan data dan ilmu untuk dipelajari. 

Ya misalkan kaya di atas tadi untuk keperluan pendidikan, seorang siswa bisa lebih mahir dalam ilmu matematika caranya selain membeli buku yaitu dengan mencari data di internet untuk pengayaan dan pengembangan keilmuannya. Maka pantas saja, jika internet untuk kegunaan yang positif tentu menghasilkan output yang baik, nah…mestinya mustahil di zaman yang secanggih ini siswa masih kekurangan informasi dan ilmu di sekolah, apabila perbukuan tidak dimilikinya maka intenet adalah sebagai alternative sarana belajar perpustakaan segudang manfaat untuk siswa. Begitu…! 

Bapak/Ibu…………. serta teman-teman yang berbahagia

Sudah dijelaskan tadi oleh saya diawal bahwa internet membantu kita dalam hal komunikasi yang semakin mudah, hingga informasi yang juga sangat mudah kita dapatkan dari belahan dunia manapun.

Sudah barang tentu Internet sudah mempunyai peran yang besar dalam kehidupan kita sehari-hari, dari mulai kegiatan anak sekolah dasar yang memerlukan internet untuk membuat tugas, hingga ibu rumah tangga yang menggunakan internet untuk mencari resep makanan, internet memiliki semua hal positif yang kita butuhkan. Mencari uang dari internet di zaman sekarang ini bukanlah lagi hal yang aneh, iklan-iklan yang dipasang di internet pun menghasilkan uang yang cukup banyak, banyaknya cara berjualan online pun membuat kegunaan internet menjadi lebih bertambah, banyak munculnya artis-artis sukses yang memulai karirnya dari ajang “iseng” di internet pun membuat dampak positif internet semakin bertambah banyaknya. Bukankah begitu para hadirin?

Namun sisi negative pun tidak bisa dihindarkan dikarenakan sejumlah publisher banyak memasang iklan yang kadang tidak senonoh atau tidak patut dilihat oleh kita, sedangkan data yang kita perlukan hanya ada didalam situs tersebut. Mau tidak mau kita ambil data yang penting itu walau kita sambil merem (bahasa majasnya) hahahahaha…! Untuk menghindari hal negative itu, klik pada pojok iklan tanda (X)/ Close…jika iklan itu tidak mau terpampang depan mata. Faham???

Walaupun control orang tua tak mampu membendung kegiatan negatif anaknya dalam akses internet, tapi orang tua bisa mencegah hal itu dengan cara orang tua tersebut harus ngerti internet dulu, lalu pinjem handphone atau laptopnya anaknya, cara deteksi anak menggunakan hal negative itu tinggal lihat url url yang telah diakses dalam sehari, seminggu, atau bahkan sebulan yang lalu itu bisa. Caranya gimana? Tadi kan saya katakana orang tua harus ngerti internet dulu. Kalau sudah ngerti; tinggal buka browser google, ketikan kata kunci begini : cara melihat url yang telah digunakan dalam sehari, seminggu, sebulan, pasti keluar tuh pilihannya…ia nggak? Klik (Buka) dan baca, sudah tahu? Lalu teliti kegiatan anaknya dalam berinternet,. Aman daaah ! di zamin.

Kurang bijaksana jika saya menjelaskan panjang dalam sisi negative, karena bukan dari pembahasan yang urgen pada pokok tema saya. 

Hadirin yang berbahagia…

Dari tadi saya telah menjelaskan manfaat internet dari sisi positif bahkan disinggung sisi negative pula (untuk sekedar pelengkap saja), berikut ini adalah manfaat dari intenet juga bagi generasi muda, mungkin tadi di awal belum tersentuh: yaitu:

1. Internet dapat memberikan informasi yang luas dan menunjang proses pembelajaran modern
2. Dapat memberikan informasi yang lebih menarik karena terdapat animasi-animasi yang menarik perhatian pengguna.
3. Banyak informasi yang mudah didapatkan di internet
4. Dengan adanya jejaring sosial yang mudah didapat, kita dapat mengetahui cara bersosialisasi dengan orang lain
5. Internet berguna untuk pertukaran data-data ataupun informasi dengan menggunakan media yang dapat di akses seperti: E-mail, Facebook,Twitter dan sebagainya, karena murah dan cepat diterima ataupun dikirim.
6. Belajar hal-hal ilmu baru dari internet, atau kita sering kenal dengan belajar otodidak dengan membaca informasi seputar tutorial, maka tidak heran jika anak muda sekarang tanpa sekolah pun, bisa perbaiki HP yang rusak, nginstal laptop dan computer sendiri, bahkan mahir dalam pemerograman ringan, sering kita kenal dengan istilah ngeblog orangnya namanya blogger. Dan banyak lagi hal lainnya.

Hadirin rahimakumullah…

Sejumlah info yang banyak kita dapatkan di internet ini bukan berarti mbah google ini genius, atau bahkan kita sering mengatakan google kue gelare wis Profesor...? bukan…bukan begitu maksudnya!!! akan tetapi karena banyaknya sejumlah publisher atau blogger dari Indonesia juga yang sharing keilmuannya lewat internet, sehingga data sampai ke tangan kita, dengan cara searching. 

Bukan orang luar negeri semua, kalau data yang bahasa Indonesia berarti publishernya orang Indonesia. Nah google poisinya dimana? Google hanya menyediakan tempat kios buat para publisher. Kontennya bagus, pengunjungnya banyak, google seneng…saran dari google publisher pasang iklan, jadi publisher mendapat royalty google pun mendapatkan bati…hahaha sama-sama menguntungkan.

Ilustrasi tersebut juga bagian daripada manfaat internet, ini penting diketahui oleh generasi muda.

Hadirin yang berbahagia…!

Wawasan tentang karakteristik remaja / generasi muda dalam mengakses internet perlu diketahui oleh orang tua dan guru dalam upaya kontrol terhadap penggunaan internet. Sebab hal itu sangat penting dalam upaya mendidik maupun mengawasi ia dalam perkembangan zaman yang semakin berkembang. Selain itu orang tua harus mengawasi putra/putrinya agar terhindar dari hal-hal negatif yang dapat mempengaruhi nilai-nilai prestasinya maupun nilai-nilai kepribadianya (seperti yang saya singgung tentang sisi negative tadi). Di lain sisi, tugas komunitas, seperti pengelola warung internet adalah mengarahkan masyarakat tentang berinternet yang sehat. Namun semua itu kembali pada pribadi si remaja, diharapkan ia dapat belajar bertanggungjawab atas perilaku sendiri, terutama ketika ia menggunakan internet.

Bapak dan Ibu yang kami hormati, serta teman-teman yang berbahagia.

Dari uraian yang telah kami sampaikan tadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa, internet memberikan tawaran dan solusi bagi generasi muda untuk menggunakan internet demi kemaslahatan diri, pengembangan wawasan dan keilmuan serta menjawab ketertinggalan zaman dalam bidang teknologi sehingga kita tidak dikatakan gaptek (gagap teknologi).

Untuk itu, Penggunaan internet yang sehat ini perlu generasi muda lakukan, sehingga kaum muda mampu memfilter dan paling tidak meminimalisir hal negative yang yang ada di internet.

Harapannya kaum muda mampu menumbuh kembangkan diri dengan pengetahuan internet, sebagai solusi atas apa yang kita butuhkan atau yang kita penasaran-kan…! 

Mungkin itu yang bisa saya bagi/share, mudah-mudahan bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf…nasruminallah wafathun qarib.

Wassalamu alaikum Wr. Wb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teks Pidato tentang “Manfaat Internet Bagi Generasi Muda”"

Post a Comment

Komentar yang sopan, berikan solusi terbaik anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel