Kalimat Bahasa Arab yang sering digunakan

Bahasa Arab adalah bahasa yang jarang diminati oleh siswa, karena mungkin bulak balik dari dulu sampai sekarang saja, masih itu itu terus, untuk dijadikan muhadasah (percakapan) saja susah, kalau untuk bahan ledek-ledekan iya,. Paling pahamnya cuma kata نعم dan لا saja. itu pun untuk guyonan.

Saya merasa prihatin, tapi kalau berbicara pondok pesantren bahasa Arab adalah makanan setiap harinya, tapi yang saya kenal tidak jauh untuk percakapan, namun hanya sebatas pada pemahaman dan mampu membaca arab gundul dengan baik, itu pun masih susah, blepotan lah...butuh waktu atau mesantren yang lama dalam mendalami ilmu bahasa Arab (di pondok terkenal ilmu alat).

Memang yang namanya ilmu bahasa itu adalah ilmu yang perlu diterapkan langsung, walau pun itu salah tidak apa-apa, asal mau mencoba dulu, mau bunyi bersuara dulu, kesalahan bisa dibetulkan sambil jalan, ya nggak???

Maka dalam kesempatan ini saya akan bagikan 20 kalimat yang mungkin sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

1. كيف حالك (kaifa haluk?) = apa kabar?
2. مااسمك (masmuka?) = siapa namamu?
3. أين تسكن الان (aina taskunul an?) = dimanakah anda tinggal sekarang?
4. أين ستذهب الان (aina satadzhabul an?) = hendak kemanakah kamu pergi sekarang?
5. إذا سنحت لك الفرصة تفضل بزياراتنا (idzaa sana-had lakal fur-syah tafad-dal biziaa-ratinaa) = Jika anda mempunyai kesempatan bagus, mampirlah ke rumahku.
6. كم رقم تلفونك؟ (kam raqmu tilfuu-naka?) = Berapa nomor teleponmu?
7. هل انت بصحّة تامّة؟ (hal anta bissihhatin tammatin?) = apakah engkau betul-betul sehat?
8. نعم، انا بخير شكرا (na'am anaa bikhoirin syukran) = Ya saya baik, terima kasih
9. بلغ تحياتي الى والدك (baligh tahiyyatii ila waalidika) = sampaikan salamku pada ayahmu
10. بلغ سلامي الى افراد عائلتك (baligh salaami ilaa afradhi a'ilatika) = sampaikan salamku pada seluruh keluargamu
11. يسعدني ان اراك بصحة جيدة (yusy iduuni araa-ka bishihatin jai-yidatin) = saya gembira melihat anda sehat.
12. اشكرك جدّا (asykuruka jiddan) = Terima kasih banyak
13. انا شاكر لك جدّا (anaa syaakirun laka jiddan) = Saya berterima kasih terhadap anda
14. انا مدين لك بالشّكر (anaa madiinun laka bisyuku-ri) = saya sangat berhutang budi pada anda.
15. عفوا يا اخي (afwan yaa akhii) = maaf, saudaraku
16. ما كنت اريد ان اشير مشاعرك (maa kuntu uriidu an utsi-ira masyaai-raka) = Aku tidak bermaksud melukai perasaanmu.
17. حقًّا (haqqan) = Sungguh !
18. الان، ينبغي لي ان انصرف (al-an yanba-ghi lii an ans-yarifa) = Sekarang saya harus pergi.
19. تفضل جلوسا (tafaddhal julusan) = Silahkan duduk !
20. لا بأس به (laa ba'sa bih) = Lumayan...!

Dua puluh kalimat di atas adalah sebagai contoh yang mungkin bisa anda terapkan dalam bercakap, walaupun masih di campur ngomongnya dengan bahasa Indonesia, tapi bagi saya that's ok. Saya yakin lama kelamaan akan bisa dan terbiasa. Tentunya dengan memperbanyak hafalan kosa kata juga. 

Mungkin itu yang bisa saya share saat ini; di lain kesempatan saya akan share kembali kalimat lain yang tidak kalah pentingnya dalam bercakap. Itu kuasai dulu ya??? 

Sampai jumpa...!
Semangat....!
Anda pasti bisa....!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kalimat Bahasa Arab yang sering digunakan"

Post a Comment

Komentar yang sopan, berikan solusi terbaik anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel